Lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islam ke -14 di UPTD Pendidikan Kec.Tanjung tahun 2011

Sebanyak 419 siswa SD meriahkan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan seni Islami (MAPSI) tingkat kecamatan Tanjung  yang diselenggarakan di kompleks SD N Sengon 02 dan SDN Sengon 03 yang diselenggarakan Sabtu 28 Mei 2011.

Siswa-sisiwi terbaik diikutsertakan pada dua bidang seni, yang terbagi ke dalam delapan cabang lomba, yaitu bidang pendidikan agama islam (PAI) yang meliputi, pengetahuan PAI, baca tulis alqur’an, muratil qur’an, dan praktek sholat fardhu. Sementara bidang seni islami, meliputi seni takhsinul khot khuruf alqur’an dan kaligrafi, pidato atau khtobah, seni musik rebana, dan seni macapat islami. Khusus untuk seni rebana setiap kelompok beranggotakan antara 9 hingga 11 anak.  Dan peserta yang nanti menyandang nilai terbaik, akan mewakili Kecamatan Tanjung  pada mapsi tingkat kabupaten Brebes pada tahun 2011 mendatang.

   

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tanjung, Hj. Khariroh, S.Pd, M.Pd. menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Mapsi, yang disebut sebagai wahana menguji kreatifitas pelajar pada bidang studi dan seni/budaya Islam. “Kegiatan ini diharapkan menggugah sanubari kita dalam memberikan dukungan terhadap anak didik, agar kesenian islami tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Ketua Kelompok Kerja guru (KKG) PAI sekaligus Wakil Ketua Panitia Penyelenggara M. Toha , S.Ag menjelaskan, Kegiatan Mapsi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik di bidang pengetahuan dan pengamalan pendidikan agama islam agar dapat meningkatkan ketaqwaan serta apresiasi seni islam bagi peserta didik sekolah dasar. “di zaman globalisasi seperti sekarang ini, menuntut perhatian kita khususnya para pendidik. Untuk lebih mengoptimalkan upaya membimbing serta mengarahkan mental dan moral anak didik kearah kehidupan yang lebih islami,” katanya.

Kegiatan ini sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pelaksanaan pendidikan Agama Islam dan juga sebagai tolok ukur penerapan kurikulum muatan lokal BTQ SD dan keberhasilan pelaksaaan program BTQ SD di Kecamatan Tanjung.  Dengan lomba Mapsi ini di harapkan dapat menumbuhkan rasa cinta seni islami pada diri siswa dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan antar peserta didik sekolah dasar.

Kepala UPTD Pendidikan Kec Tanjung, Hj Khariroh,S.Pd.,M.Pd., berharap lomba Mapsi SD tingkat kecamatan ini menjadi perhatian Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, karena tahun 2011 Kecamatan Tanjung akan dijadikan tuan rumah lomba Mapsi tingkat Kabupaten Brebes.  “Kami sangat berharap di tahun 2011 nanti Dinas Pendidikan Kab Brebes dapat meninjau kembali keputusannya agar tidak ditempatkan di Kecamatan Tanjung, disebabkan baru saja menjadi penyelenggara Lomba Siswa Teladan SD SMP bulan kemaren,” ungkapnya.

Sementara, terlihat para siswa-siswi yang menjadi peserta lomba sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut, seperti salah satu peserta Rebana IZZATUL ISLAM dari SD N Sengon 02 yang baru tampil untuk pertama kalinya  pada tahun ini, dan meraih peringkat III,  anak anak yang menjadi penabuh rebana dalam lomba tersebut mengatakan, sangat senang dengan perlombaan mapsi ini. Demikian juga Khalimatus Sa’diyah yang akhirnya harus berada di peringkat II untuk Macapat Islami Putri karena skor nilai yang didapat sama, walaupun siswa ini pada tahun 2010 menempati peringkat I. Semoga untuk peserta MAPSI yang lainnya masih bisa berprestasi  dibidsang lainnya dengan mengaktualisasikan pembelajarannya di sekolahnya dan mampu menunjukan bakatnya di hadapan teman-teman lainnya.

About these ads

2 responses to “Lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islam ke -14 di UPTD Pendidikan Kec.Tanjung tahun 2011

  1. waah…..kreatif sekali adek2nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s