PENDATAAN DIKDAS KEMENDIKBUD TAHUN 2012 KEC TANJUNG KAB BREBES

Dinas pendidikan Kab Brebes telah melakukan sosialisasi Pendataan Pendidikan Dasar (SD/SDLB/, SMP/SMPLB) atau yang populer dengan pendataan by name by address, dasar hukum dari Pendataan Pendidikan Dasar ini adalah Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan.

UPTD Pendidikan Tanjung melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut  kepada 47 Sekolah Dasar dan 6 SMP, dengan mengirimkan satu orang tenaga operator komputer dari masing masing sekolah selama 3 hari. Instruktur yang ditunjuk antara lain

1. SUGIYONO, SPd. ( Kepala SD N Kemurang Wetan 01 )

2. ESKAMTO , S.Pd. ( Kepala SD N Sarireja 02 )

3. SITI MARIA, S.Pd. ( Guru SMP N 1 Tanjung )

TUJUAN

Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, valid, lengkap, dapat dipertanggung jawabkan dan termutakhir. Data dari sekolah akan digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kab Brebes untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

KEGUNAAN

Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasi dan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program :

  1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari APBN
  2. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari APBD
  3. Rehab Ruang Belajar
  4. Dana Alokasi Khusus
  5. Ruang Kelas Baru
  6. Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi
  7. Subsidi/tunjangan bagi guru

JENIS DATA

Ada 3 jenis kelompok utama jenis data yang dikumpulkan dari sekolah, yaitu :

  1. Data Sekolah (F-SEK)
  2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (F-PTK)
  3. Data Peserta Didik
  4. KONSEKUENSI BAGI SEKOLAH

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kelengkapan data yang akan dikirim oleh sekolah akan menjadi dasar pemberian jenis dan besar bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada masing-masing sekolah. Oleh karena itu sekolah yang tidak mengirimkan data tidak akan dapat dialokasikan segala jenis bantuan kepada sekolah yang bersangkutan, demikian juga data yang tidak akurat akan mengakibatkan ketidak tepatan jenis dan besar bantuan yang diberikan. Sekolah diharuskan memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabjan, karena data tersebut akan dijadikan dasar untuk evaluasi dan audit kepada sekolah.

  1. BATAS WAKTU PENGIRIMAN
  2. Pengiriman data TA 2011/2012 ke server kemdikbud paling lambat akhir Sepiember 2012 dan updating data TA 2012/2013 dilakukan pada bulan juli – akhir September 2012.
  3. APLIKASI

Untuk mendapatkan aplikasi Pendataan Pendidikan Dasar ini dapat di unduh pada situs http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s