Sertifikasi bagi Pengawas Sekolah

Mulai tahun ini, pengawas sekolah akan menjalani proses sertifikasi profesi. hal ini untuk meningkatkan kompetensi, guna membentuk pengawas yang profesional dan bermartabat.

Sertifikasi pengawas sekolah mewajibkan pendidikan serendah rendahnya S2 bagi pengawas SMP, SMA/MA/SMK, serta serendah rendahnya mempunyai kualifikasi akademik setara S1 untuk Pengawas TK/ SD, dengan penmgalaman sebagai guru sedikitnya 8 tahun atau 4 tahun sebagai kepala sekolah. Peserta sertifikasi ini juga akan mendapatkan tunjangan fungsional sebesar satu kali gaji.

Pengawas sekolah mestinya memiliki kompetensi  dalam hal kepribadian, supervisi manajerial dan akademik, evaluasi pendidikan, pengembangan dan penelitian serta kegiatan sosial.

Pengawas sekolah inilah yang nantinya akan mengawal alokasi dana pendidikan di sekolah yang telah disusun dalam RAPBS. Selain itu juga akan mengevaluasi hasil Ujian Nasional ( UN ) siswa yang berada di ruang lingkup pengawasannya.

Melihat kenyataan ini, lengkap sudah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, mulai guru, keopala sekolah, pengawas melalui sertifikasi pendidik. Kita tunggu hasilnya nanti…….

9 responses to “Sertifikasi bagi Pengawas Sekolah

  1. semoga mutu pendidikian kita bisa terus meningkat

  2. Ping-balik: Guru, nasibmu kini « SD N Sengon02-Tanjung-Brebes

  3. Mas Nek Gaji pengawas itu berapa…..?, ada kabar ada guru udah sertifikasi ka diangkat jadi pengawas tunjangannya malah tidak diberikan…..patah semangat ding, kalau toh ada sertifikasi pengawas kapan, permen nomor ? tahun ?

    • sertifikat pendidik itu melekat selama menjadi guru atau pengawas, maka tunjangan ya tetap dapat, wealaupun seorang guru bersertifikasi menjadi pengawas,, kan pengawas berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi.
      Jika pengawas beleum bersertifikasi, ya ikut dulu sertifikasi terus dapat tunjangan. insya alloh, ( KY sok tau yaaa )

  4. Ajat Sudrajat, S.Pd

    Terima kasih atas infonya untuk para pengawas se- Indonesia tentang sertifikasi pengawas dan tambahan tunjangan fungsional satu kali gaji.
    dan semoga setiap info agar selalu ter update.
    sehingga kami para pengawas bisa menikmati dan mengetahui tupoksi yang terbaru. dan berita hangat lainnya.
    terima kasih…

  5. Kalau untuk pengawas PAI, yang tadinya sebagai guru dan diangkat sebagai pengawas serta sudah bersertifikat pendidik apakah harus mengikuti portofolio lagi gak ya mas?

  6. saya pengawas sekolah smp pada dinas pendidikan, sebelumnya guru agama smp, ke instansi manakah saya mengikuti setifikasi. karena saya sudah mendaftar ke DEPAG, tapi tidak di terima. mohon di tanggapi

  7. saya dulu guru tugas 12 th kemudian diberi tugas tambahan kepala sekolah selama 11 thn dan sekarang saya diangkat menjadi pengawas sd tapi sertifikasi saya sebagai guru dan setelah saya dapat sk pengawas sk tersebut saya amprahkan dan ncr gaji pindah didinas pendidikan bagaimana tunjangan sertifikasi saya sebagai guru apa ada perpindahan tunjangan sertifikasi tersebut kepengawas mohon penjelasan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s