Pelatihan Replikasi MBS di Cabang Dinas P dan K Kec.Tanjung

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah serta kepedulian masyarakat terhadap pendidikan , maka Dinas P dan K Kab Brebes secara serentak mengadakan pelatihan Replikasi MBS di seluruh Cabang Dinas P dan K Kecamatan, pada tanggal 19-21 January 2009. Kegiatan ini mendapatkan biaya melalui APBD II tahun anggaran 2008

Untuk Cabang Dinas P dan K Kec Tanjung diikuti oleh 14 SD dan 1 sekolah MI. Setiap sekolah mengirimkan 5 orang terdiri dari Kepala Sekolah, ketua komite, guru kelas I,III,dan VI. Salah satu peserta pelatihan ini adalah SD N Sengon 02 sebagai peserta tahap II dalam tahun 2009.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas P dan k Kec. Tanjung, Hj.Khariroh,S.Pd.,M.Pd. dan dihadiri oleh pengawas TK/ SD, dan pengurus PKG Kec. Tanjung. Kegiatan ini dipandu oleh Pengawas TK/SD kec tanjung, Kepala sekolah dan guru yang sudah bersertifikat TOT sebagai fasilitator.

Dalam pidato sambutan pembukaan, Kepala Cabang Dinas p dan K Kec Tanjung, mengemukakan bahwa tujuan program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan SD melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Partisipasi Masyarakat (PM). Diharapkan program ini menghasilkan satu model praktik pendidikan yang baik, yang dapat direplikasi dan diperluas.

Pada pelatihan MBS ini baik fasilitator maupun peserta benar-benar merasakan pelatihan yang paling berat sekaligus paling mengena dan menantang. Hal ini karena materi yang diberikan selain menyenangkan juga menguras pikiran.

Sebagai materi yang menantang terdapat pada contoh pembelajaran tematik oleh Edi Rahno ,S.Pd. ( Kepala SD Tanjung 06, “terima kasih ya pak promosi iklan untuk blog ini “ ) dan model pembelajaran kelas tinggi oleh Zein Rofiq, S.Pd. ( Guru SD Tanjung 02 , terima kasih juga, saya sudah dijadikan murid rangking 1 di kelas 5). Model pembelajarannya matematikanya bagus, walaupun saya dibuat berpanas-panasan di lapangan.

Selain itu, hal yang paling dirasakan adalah sangat membantu sekolah dalam menyusun RAPBS. Peserta banyak mendapatkan berbagai ke-trampilan dan kemampuan yang terkait dengan penyusunan KTSP.

Pada pelatihan ini diakhiri dengan praktek mengajar oleh peserta guru yang mengaku masih saudara dengan Barac obama ( mirip juga lho, cuma beda nasib )

Akhirnya dalam kegiatan ini diharapkan seorang guru dapat merefleksikan kembali makna belajar, menyusun perencanaan pembelajaran tematis dan lain-lain.

( Terimakasih upload …….)

Pelatihan MBS Tanjung

MBS Tanjung

2 responses to “Pelatihan Replikasi MBS di Cabang Dinas P dan K Kec.Tanjung

  1. wah dadi kangen karo kanca2 nang brebes je

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s