Sertifikasi Guru, TUNJANGAN PROFESI AKAN CAIR FEBRUARI

Tunjangan profesi bagi guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi lewat portofolio maupun jalur Pendidikan Latihan dan Profesi Guru (PLPG), akan cair usai pemberkasan pada akhir Februari. Alasan dicairkan pada akhir februari disebabkan Surat Keterangan (SK) yang dikeluarkan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) belum keluar dikarenakan proses pemberkasan baru dilakukan Februari.

Mekanisme penyaluran tunjangan profesi dimulai dari penyerahan berkas untuk menerima tunjangan profesi guru ke Dinas Pendidikan (Dispendik) kabupaten/kota. Selanjutnya,  memeriksa kelengkapan berkas persyaratan, melakukan rekapitulasi, dan menyampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jateng.

Kemudian Dinas P dan K Jateng menghimpun dan memeriksa kelengkapan data guru penerima tunjangan profesi guru dan mengirimkannya ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk diverifikasi kembali.

Dari LPMP inilah nasib guru ditentukan, menerima tunjangan profesional atau tidak. Nanti, LPMP akan menerbitkan SK yang akan memberitahukan apakah tenaga pengajar berhak menerima tunjangan profesi atau tidak.

Sebaiknya dalam hal pencairan tunjangan profesi agar ada perbaikan alur pembuatan SK ke Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Hal Ini dilakukan agar mempermudah proses atau alur pelaksanaan program sertifikasi guru.
Dalam hal ini  masing-masing dinas pendidikan kabupaten/kota akan bertugas langsung memeriksa kelengkapan berkas guru. Tujuannya untuk mengurangi kesalahan kelengkapan yang ada saat proses berjalan.
Selama ini, berkas guru hanya lewat saja di dinas pendidikan kabupaten/kota, kemudian ke LPTK, lalu ke pemerintah pusat. Alur ini, menyebabkan sejumlah keterlambatan. Selain itu, dinas pendidikan di kabupaten/kota dan propinsi kurang diberdayakan dalam prosesnya.

Kenyataan ini terjadi pada keterlambatan pembayaran tunjangan kuota tahun 2006 dan 2007, karena terdapat kesalahan data , semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi, lancar……..

Kita tunggu hasilnya nanti,……………..

( diolah dari berbagai sumber… )

17 responses to “Sertifikasi Guru, TUNJANGAN PROFESI AKAN CAIR FEBRUARI

  1. kasih info yang tepat dan cermat pak. sampai bulan ini agustus 2008 kita ini ngileeeeer, lho.
    biarlah orang jakarta itu kerja, mereka tahu yang kita mau. janji itu hutaaaaaang lho ………info yang nggak tepat itu viruuuus……..

  2. kapan tunjangan sertifikasi guru 2008???

  3. knp pencairan tunjangan profesional guru kuota 2008 kab kds kluar sbgian blum seluruhny mnerima,,,,
    kpn nih?????????????

  4. Aku dw juga ngerep-arep selak di pake bayar tagihan cicilan motor juga kontrak rumah. coba informasikan yang lain mas. kapan jadinya di rekeningkan. trim, sobat dekat

  5. Mana janjinya..sampe sekarang gak cair2..

  6. JANGAN KAWATIR………. BANYAK REKAN.
    BOJONEGORO JUGA BELUM SAMA SEKALI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. kesabaran menunggu janji tiada batasnya

  8. nantijuga sudah waktunya akan cair

  9. mana ko banyak janji sampai desember 2009 lulus sertifikasi 2008 belum ada tanda tanda pencairan untuk rayon 10 kenama ya ….

  10. Bersabarlah…., bagi yang sudah lulus sertifikasi dan sampai sekarang belum menerima. Dipastikan akan ngrapel nanti, kenyataan dah banyak yang terima rapelan tidak sedikit lho …. 20 jutaan lebih. Percayalah…..!

  11. Aku juga belum terima padahal sesama teman 1 sekolah pemberkasannya akir malah dah turun piyeyo kok aneh banget….

  12. kapan ya cairnya bagi yang lulus tahun 2009

  13. pencairan sertifikasi guru yang lulus plpg harus sabar dan sabar

  14. wah payah sertivikasi guru belum keluar untuk bayar cicilan utang rumah,motor kok belum keluar stres sekali aku

  15. iya, saya juga mengharapkan agar tunjangan sertifikasi dibayar tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s