Peringatan Hari Kartini SD N Sengon02 Tanjung Brebes tahun 2011

Siswa-siswi SD Negeri Sengon 02 menggelar berbagai acara dalam rangka memeringati Hari Kartini untuk yang pertama kalinya pada hari Kamis 21 April 2011 di halaman SD Negeri Sengon 02.  Kegiatan ini antara lain dengan mengadakan upacara bendera, lomba mirip wajah tokoh pahlawan nasional Kartini dan fashion show, mewarnai, menyanyikan lagu daerah dan ditutup dengan pawai keliling.

    

Peserta lomba diwajibkan mengenakan pakaian adat Jawa, kebaya khusus bagi peserta siswi dan  pakaian tradisional nusantara khusus bagi peserta siswa. Jumlah siswa-siswi yang mengikuti kegiatan itu ada sebanyak 295 anak. Ketua Panitia Hari Kartini selaku Kepala Sekolah, Restu Sumbarwati D, S.Pd. mengemukakan, kriteria lomba Kartini adalah luwes, sumringah dan mirip wajah tokoh Kartini. Beliau menambahkan, melalui hari Kartini yang baru diselenggarakan tahun ini, SD Negeri Sengon 02 ingin menanamkan sejak dini mengenai bagaimana emansipasi wanita dengan perjuangannya yang penuh makna dan harus dicontoh, terutama anak wanita, “Kita tanamkan ke Siswi bahwa mereka juga punya nilai talenta luar biasa, seperti siswa,” terangnya.

     

Untuk mengenang sosok RA Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita, dalam  upacara peringatan Hari Kartini, semua petugas upacara terdiri atas wanita, mulai  dari pembina dan pemimpin upacara, pengibar bendera, hingga pemimpin tiap kelas. Dalam upacara ini, juga dibacakan riwayat kehidupan RA Kartini. Selain upacara bendera, juga ditandai dengan berbagai lomba, diantaranya lomba busana kebaya mirip RA Kartini yang dilanjutkan dengan fashion show. Untuk fashion show dan lomba mirip-miripan Kartini, tak tanggung-tanggung, beberapa orang tua rela merogoh kocek untuk ‘menyulap’ anak perempuannya biar mirip pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu.

Harapan dari kegiatan ini agar semangat Kartini diteruskan para siswi  SD N Sengon 02 dengan belajar secara lebih baik. Selain itu, juga harus tetap menjaga budaya Indonesia. Salah satunya dengan memakai kebaya, agar pribadi bangsa tak hilang. Makanya, semua petugas upacara sengaja dipilih wanita, agar wanita bisa menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka bisa, tak kalah dengan pria dan siap bersaing.

One response to “Peringatan Hari Kartini SD N Sengon02 Tanjung Brebes tahun 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s