Episode Ratu Ayu Kencana Ungu ( Pagelaran Ketoprak dalam rangka HUT Brebes Tahun 2014 )

Gambar

Hiburan dari Master Sulap Pak Tarno yang asli Brebes dan grup orkes mengawali pergelaran ketoprak Overa Van Brebes yang berjudul Ratu Ayu Kencono Ungu yang digelar tepat di  alun –alun Brebes Sabtu (18/01/2014) malam.

Ketoprak sebagai media hiburan ini hadir dengan tetap menularkan nilai-nilai sejarah dalam setiap fragmen, kearifan lokal dan sindiran kebudayaan yang kental.

Pergelaran ketoprak tersebut digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-336 Brebes Menariknya, seluruh pemain ketoprak diperankan oleh guru- guru dari UPTD Pendidikan Kec. Tanjung yang tergabung dalam Sanggar Seni Dwijo Sekar Tanjung. Mereka terdiri dari Pengawas TK/SD, Kepala Sekolah, Guru PNS dan Non PNS. Saya pun dapat kesempatan untuk memerankan tokoh Joko Umbaran, pemuda desa yang ingin mengabdikan dirinya kepada kerajaan , sementara itu Kepala SMP N 1 Tanjung, Hj.Mulyaningsih,menjadi tokoh utama yaitu Ratu Kencono Ungu. Sementara pemain ketoprak lainnya yakni  Kepala sekolah lainnya dan Guru baik PNS maupun GTT di lingkungan UPTD Pendidikan Kec Tanjung.

Tingkah laku para pemain sontak mengundang gelak tawa para penonton yang memadati lokasi panggung. Guyonan, dan tingkah laku para pemain mampu mengocok perut para penonton. Apalagi, pagelaran ketoprak ini disutradarai oleh Ki dalang Tarto, yang merupakan Kepala SMP 5 Satu Atap Tanjung.

“Jarang-jarang ada hiburan semacam ini. Apalagi, pemainnya adalah guru-guru semua. Saya senang karena tak dipungut biaya,” kata Pak Waud seorang penonton dari Brebes.

Alur cerita ketoprak tersebut di sebuah Kerajaan Majapahit. Di kerajaan tersebut tengah terjadi ontran-ontran yang dilakukan Kebo Marcuet (Tukidio).  Para abdi Kebo Marcuet yaitu Angkat Buto ( Aziz Moslem ) dan Angkut Buto ( Joko Ramono ) ingin membuat kekacauan dan mengganggu roda pemerintahan di Kerajaan Majapahit. Ratu Kencono Wungu pun turun tangan mengadakan sayembara untuk menumpas Kebo Marcuet.

Kebo Marcuet pun dikalahkan oleh Joko Umbaran, yang kemudian dinobatkan sebagai Bupati Blambangan, yaitu Minak Jinggo ( Tarto ) yang kemudian menjadi raja yang serakah. Akhirnya,muncul tokoh Damarwulan ( Untung Warsito ) yang dapat mengalahkan Minak Jinggo dengan dipukul menggunakan Godo Wesi Kuning dan Pedang Suko Nyono yang merupakan senjata pribadi Minakjinggo sendiri yang digunakan untuk memenggal kepala kepala Minak Jinggo. “Manusia tidak boleh sombong congkak jika menjadi seorang pemimpin.  Harus ngayomi adil dan bijaksana. Tak boleh suudzon, ini pesan yang disampaikan kepada masyarakat,” jelas Kidalang Tarto.

Menurut Kepala UPTD Pendidikan Kec. Tanjung Drs. Tusdi, M.Pd.,yang juga memerankan tokoh Eyang Bagawan Mustikamaya, mengatakan bahwa  ketoprak yang dipersembahkan oleh sanggar seni Dwijo Sekar Tanjung ini digelar sebagai hiburan gratis masyarakat saat HUT Brebes. Selain itu, pihaknya ingin agar masyarakat menjaga atau nguri-uri kebudayaan Jawa seperti kesenian ketoprak.

Sementara itu saya pun mengaku belum pernah bermain ketoprak, sehingga sedikit mengalami kendala saat pentas di atas panggung. Kendati sebelum pentas selalu rutin melakukan latihan selama 14 hari, bahkan dalam setiap latihan peran saya selalu dalam keadaan disiksa oleh  musuh musuh yang diperankan oleh Guru- guru GTT,  namun  saya ternyata dapat langsung bisa beradaptasi dengan alur cerita ketoprak tersebut. Saya mengaku senang dapat berpartisipasi bermain ketoprak bersama guru guru lainnya yang tergabung dalam sanggar seni.“Saya baru ini bermain ketoprak. Enggak ada latihan yang lama, hanya membaca sinopsis alur cerita sebentar saja,”

Diakhir cerita, kebanggaan dan sambutan serta ucapan terimakasih pun disampaikan oleh Bupati Brebes, Idza Prihanti, SE dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Dr. Tahroni, M.Pd.

Minak Jinggo Gandrung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s